Sarah O’Sullivan (Australia)

Sarah O’Sullivan (Australia)

logo

Karya-karya keramik Sarah O’Sullivan menarik garis dari persoalan fungsi domestik sebagai sebuah konteks, namun jarang yang betul-betul fungsional. Proses yang dimanfaatkannya berkebalikan dari karya akhir yang dihasilkan. Sarah mencipta dengan teknik slip-casting yang dirancang untuk mem- bentuk repilka yang persis sama; bagaimanapun, hasil akhirnya selalu unik dan hanya satu kali dihasilkan. Mudah untuk menjadi tidak memper- hatikan sesuatu yang biasa yang kita pergunakan setiap hari. Karya-karya Sarah mencoba untuk meninggalkan kebanalan ini dan justru menyoroti keindahan yang dapat kita temukan pada benda- benda di sekitar kita. Dalam praktik keseniannya, ia juga membagi satu kegemaran memperguna- kan ulang dan memaknai ulang, atau menggagas ulang objek dan rancangannya. Sarah seringkali mempergunakan bentuk-bentuk tradisional dan benda-benda temuan dengan menambahkan cerita baru. O’Sullivan memfokuskan proyek riset pasca- sarjana seni rupanya pada tahun 2012 pada citraan- citraan Australia di atas porselen. Selama studi ini ia mengikuti program magang tiga bulan di pusat kesenian masyarakat asli Australia di Ikuntji, NT.

Sarah O’Sullivan’s ceramic work draws from domes- tic function as a context and yet is rarely functional. The process utilised is a contradiction to the final pieces created. Sarah employs a production process of slip-casting that is designed to create exact replicas; however the end result is always unique, one-off pieces. It’s easy to overlook something ordinary we use eve- ryday. Sarah’s work tries to expel this banality and instead highlight the beauty we can find in the objects around us. Within her practice, she also shares a love of re-using and reinterpreting or reconceptualising objects and designs. Sarah often utilised traditional forms or found objects and adds a new story, whilst still referencing the notion of sentiment. O’Sullivan focused her 2012 Master of Fine Art research project on Australian imagery on porcelain. During this study she undertook a three-month internship at a remote Indigenous Art Centre in Ikuntji, NT.

Waratah

Stained and Carved Porcelain 10 x 10 x 18 cm
2016
Photographed by Debbie Gallulo

Gymea Lily

Hand painted porcelain
14 x 14 x 22 cm
2016
Photographed by Debbie Gallulo